Download Matan Ghayah wa Taqrib PDF

Download Matan Ghayah wa Taqrib PDF

Salah satu kitab kuning yang cukup populer di kalangan santri Indonesia yang mayoritas bermadzhab syafi’i itu, adalah Matn Abi Syuja. 
 
Kitab ringkas ini dikenal dengan beberapa nama. Selain nama yang sudah kita kenal ini, kitab ini juga disebut dengan Ghoyah al Ikhtishor.

Dan benar, sesuai dengan namanya ini, kitab ini memang sangat-sangat ringkas. Dan sungguh, ia adalah salah satu kitab paling singkat namun padat dan tetap memikat dalam khazanah fiqih syafi’i.

Karenanya, banyak fuqoha yang memberikan perhatian serius terhadap matan ini. Perhatian itu bukan saja kita dapati dari para fuqoha pendahulu kita dalam karya-karya klasiknya, namun juga hingga hari ini kita bisa melihat beberapa ulama kontemporer melakukan hal yang sama.

Perhatian para fuqoha itu bisa tampil dalam berbagai bentuk. Diantara mereka ada yang memberikan syarahnya, ada yang membuatkan Nadzamnya, dan ada pula yang mengumpulkan dalil-dalilnya. Berikut ini bisa pembaca nikmati sajian sejarah turats fiqh syafi’i yang terkait dengan matan Abi Syuja ini.