Download Kitab Hasiyatan Qulyubi dan Umairah PDF

Download Kitab Hasiyatan Qulyubi dan Umairah PDF

Salah satu hasyiyah yang cukup populer di kalangan pesantren dalam fiqih syafi’i adalah Hasyiyah Amirah. Hasyiyah ini merupakan komentar atas Kanz Ar Raghibin. Yaitu sebuah kitab syarah atas matan Minhaj At Thalibin karya Imam An Nawawi. Dalam beberapa sampul kitab, ada yang menuliskannya dengan ditasghir; 'Umairah.

Seperti yang sudah banyak diketahui kaum santri, Minhaj At Thalibin sebenarnya adalah sebuah ringkasan atas kitab yang juga ringkasan sebelumnya. Sederhananya, proses ringkas meringkas tersebut adalah sebuah mata rantai panjang yang jika ditarik mundur sebelum Imam Nawawi, maka ada sederetan nama para peringkas secara berurutan mulai dari Ar Rafi’i, Al Ghazali, Imam Al Haramain Al Juwaini yang mengumpulkan empat kitab Imam Syafi’i dan para muridnya.

Karena memiliki mata rantai kepada kitab-kitab pendiri madzhab inilah, Minhaj At Thalibin beserta syarah-syarah dan hasyiyahnya memiliki posisi penting dalam pijakan referensial madzhab syafi’i. Demikian juga dengan Hasyiyah Amirah ini. Beserta Hasyiyah Amirah ini, biasanya dicetak pula Hasyiyah yang lain yaitu Hasyiyah Al Qolyubi.

Namun, meski Amirah jauh lebih dahulu dalam hidupnya daripada Qolyubi, Hasyiyah Al Qalyubi biasanya disebutkan lebih dulu dalam penyebutannya jika disebutkan bersamaan.

Download